BUKU TAMU

KURSOR NAGA

MENU SCROLL

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

TOMBOL MELAYANG

TOP

VISITOR



Free counters!

GAMBAR KIRI



GAMBAR KANAN



KURSOR

PETA JAWA TENGAH

AYO KE SEMARANG

TUGU MUDA SEMARANG DAN PETA JAWA TENGAH
tugu-muda-web Peta_administratif_jawa_tengah

WISATA MENAKJUBKAN DI KARIMUNJAWA SEMARANG

 

PEMANDANGAN YANG CANTIK DAN MENAKJUBKAN

 
 

Karimunjawa islands located in Java sea + 83 km from Jepara, headed the north direction. This object is islands that is maintain as the Karimunjawa National Marine Park. The area of the mainland is 7.120 Ha, and consist of 27 islands, but only 5 of them are populated. That is Karimunjawa Island, Kemujan Island, Parang Island, Nyamuk Island and Genting Island. With the scenery of white sands that stretched all along the coast with the coconut tree, and 242 kind of fish, as well as 133 genera the aquatic fauna, will get you WOW!!! The coasts in Karimunjawa mostly in white sand, that is suitable for the sunbathing activity, dive and fishing. The tour activity that could be carry out in Karimunjawa Islands : 1. Diving 2. Swimming in the Coast and sunbathing, 3. Snorkeling, in various spot that give astonishing underwater scenery 4. Fishing 5. Glass bottom boat, for that could not swim could enjoy underwater beauty with glass bottom boat 6. Jetski and banana boat 7. Shark pool, try to feel the "fear factor" here, swimming with sharks 8. Islands hoping by boat, the number of beautiful islands can be visited by you using the boat.

 


karimunjawa cemara-karimunjawa01

BERENANG BERSAMA IKAN HIU

mg_7188 karimun-jawa-hiu 800-Under-Water-Karimunjawa3 1294105958_153409841_5-KARIMUNJAWA-TOUR-TOUR-KARIMUNJAWA-MURAH-PAKET-TOUR-KARIMUNJAWA-Jasa
 

WISATA SEMARANG

WISATA DI SEMARANG

 

MASJID AGUNG JAWA TENGAH

 
 

 
 

Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) yang dibangun pada tahun 2001 sampai dengan 2006 ini berada di kawasan Semarang Timur, tepatnya berlokasi di Jalan Gajah Semarang. Masjid yang megah dan spektakuler ini berdiri di atas lahan 10 hektare dan memiliki fasilitas yang sangat lengkap, seperti convention hall (auditorium), souvenir shop, pujasera, gedung perkantoran, perpustakaan, dan menara pandang. Masjid Agung Semarang / Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Masjid dibangun kurang lebih lima tahun masa pembangunan ini adalah berangkat dari idealisme dan cita-cita yang paling utama yaitu Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) mampu menjadi pengendali kehidupan sosial ekonomi yang cenderung mengedepankan keduniawian. Secara keseluruhan pembangunan Masjid ini menelan biaya sebesar 198.692.340.000 rupiah.

Masjid Agung diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tang 14 Nopember 2006 dengan menekan tombol sirine dan penandatanganan replika prasasti. Sedangkan prasati yang asli sudah dipasang secara permanen di halaman depan masuk Masjid setinggi 3,2 meterdengan berat 7,8 ton, adalah batu alam yang diambil dari lereng Gunung Merapi, Kabupaten Magelang, Jateng. Prasasti ini dipahat Nyoman M. Alim yang juga dipercaya membuat miniatur candi Borobudur yang ditempatkan di Minimundus Vienna Austria pada tahun 2001. Masjid Agung Jawa Tengah dibangun di areal seluas kurang lebih 10 hektar, dengan luas bangunan induk seluas 7.669M2, dan mampu menampung 6000 jamaah. Sedang pelatarannya seluas 7500 M2 dilengkapi 6 payung raksasa yangbisa membuka dan menutup secara otomatis seperti yang ada di Masjid Nabawi di kota Madinah, mampu untuk menampung 10 ribu jamaah. Arsitektur masjid ini merupakan perpaduan antara arsitektur Jawa, Arab dan Yunani. Di bangunan sayap kanan terdapat Convention Hall atau auditorium yang mampu menampung 2000 jamaah, sedang disayap kiri dipersiapkan utnuk perpustakaan yang nantinya di desain menjadi perpustakaan modern (digital library); serta ruang perkantoran yang disewakan. Masjid Agung Jawa Tengah ini, selain disiapkan sebagai tempat ibadah, juga dipersiapkan sebagai objek wisata religius.

Untuk menunjang tujuan tersebut, Masjid Agung ini dilengkapi dengan wisma penginapan dengan kapasitas 23 kamarberbagai kelas, sehingga para peziarah yang ingin bermalam bisa memanfaatkan fasilitas. Daya tarik lain dari masjid ini adalah Menara Al Husna atau Al Husna Tower yang tingginya 99 Meter. Bagian dasar dari menara ini terdapat Studio Radio DaIs (Dakwah Islam). Sedangkan di lantai 2 dan lantai 3 digunakan sebagai Museum Kebudayaan Islam, dan di lantai 18 terdapat Kafe Muslim yang dapat berputar 360 derajat. Di lantai 19 yaitu untukmenara pandang dilengkapi 5 teropong yang bisa melihat kota Semarang. Pada awal Ramadhan 1427 H lalu, teropong di masjid ini untuk pertama kalinya digunakan untuk melihat Rukyatul Hilal yang dilihat oleh Tim Rukyah Jawa Tengah dengan menggunakan teropong canggih dari Boscha Untuk keperluan ibadah, masjid berarsitektur perpaduan universal dan lokal itu mampu menampung 10 ribu jemaah. Di dalam kompleks masjid terdapat wisma penginapan dengan 23 kamar dalam berbagai kelas. Penyediaan wisma ini bertujuan memberikan fasilitas penginapan bagi para peziarah atau wisatawan religi yang ingin bermalam di MAJT. Bagi yang ingin berekreasi, MAJT juga menyediakan beberapa fasilitas hiburan, seperti arena bermain dan kereta kelinci yang akan membawa pengunjung mengitari kompleks masjid
.

 
       
 

KELENTENG SAM POO KONG

 
 

 
 

Semarang sebagai ibukota Jawa Tengah, memiliki sebuah cagar budaya yang cukup tua yakni klenteng Sam Poo Thay Jin atau disebut juga sebagai Klenteng Sam Poo Kong ataupun lebih dikenal dengan sebutan Gedong Batu oleh warga Semarang. Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat pemujaan pada seorang Laksamana Dinasti Ming (1368-1643) dalam masa pemerintahan Kaisar Yung Lo, yang diutus menjadi duta kaisar ke Nusantara tepatnya ke pulau Jawa, dan mendarat di pantai Semarang pada tahun 1401. Bangunan inti dari klenteng ini adalah sebuah gua batu dan merupakan tempat utama dari lokasi ini. Gua batu ini dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Hoo beserta anak buahnya saat berkunjung ke Pulau Jawa. Didalamnya, pengunjung bisa melihat patung yang dipercaya sabagai patung Sam Poo Tay Djien.

 
       
 

WISATA MALAM LAWANG SEWU (SERIBU PINTU)

 
 

 
 

Dari catatan sejarah, Lawang Sewu yang selalu dipadati wisatawan pada musim liburan tersebut, dibangun pertama kali pada tahun 1903 dan diresmikan pengunaannya pada 1 Juli 1907. Sejak jaman pemerintahan penjajah Belanda, Semarang sebagai kota besar salah satu buktinya sebuah perusahaan kereta api (trem) milik Belanda menempatkan kantor pusatnya. Kantor pusat Nederlandsch Indishe Spoorweg Naatschappij atau dikenal NIS ini menempati sebuah gedung megah bergaya art deco yang bercirikan eklusif dan berkembang pada era 1850-1940 di benua Eropa. Bangunan ini salah satu karya dua arsitek Belanda ternama saat itu, yaitu : Prof. Jacob F. Klinkhamer dan B.J Queendag.

Gedung ini bagi warga Semarang lebih dikenal dengan sebutan Gedung Lawang Sewu. Mengapa bangunan tua tersebut oleh masyarakat Semarang dikenal dengan julukan Lawang Sewu? Karena ciri khas bangunan megah yang merupakan sebuah perkantoran ini memiliki pintu atau 'lawang' dalam bahasa Jawa, sedang 'sewu' artinya seribu sebagai arti kiasan dari banyak karena memang jumlah pintunya tidak atau seribu atau lebih. Atau arti dalam bahasa Indonesia adalah si "pintu seribu", kira-kira ingin menunjukan bahwa gedung kantor pusat kereta api Belanda ini punya pintu banyak sekali. Arsitek yang masih melekat pada masa itu menambah kemegahan lawang sewu.

Konon bangunan ini menyimpan segudang misteri yang menyelimuti gedung tersebut. Tak heran jika banyak pertanyaan muncul dan rasa penasaran. Adapun wisata malam mengelilingi Lawang Sewu, kita dikenakan biaya sebesar sepuluh ribu rupiah per orang. Setelah terkumpul kurang lebih sepuluh orang maka kita akan didampingi satu orang guide untuk masuk dan mengelilingi bagian dalam nya. Untuk guide-nya tarif tiga puluh ribu rupiah. Melalui guide kita dapat memperoleh penjelasan tentang sejarah Lawang Sewu itu sendiri dan fungsi ruangan yang ada di dalam nya. Sebagai tambahan bahwa wisata Lawang Sewu diadakan siang dan malam hari. Wisata malam diadakan mulai dari jam 7 hingga jam 11 malam. Banyak orang yang berminat untuk ikut menguji adrenalin dalam wisata malam sehingga kita harus menunggu rombongan yang di dalam keluar terlebih dahulu.

 
     
 

WISATA KULINER KAMPUNG LAUT SEMARANG

 
 

 
 

Kampung Laut merupakan Rumah Makan Apung & Kolam Pancing yang letaknya di Kompleks Puri Maerokoco – PRPP Semarang,menyediakan berbagai menu seperti Bandeng Saus Kampung Laut, Bandeng Kropok, Kepiting Lemburi Goreng Tepung, Kepiting Super Telor Saus Tiram, Kakap Merah Bakar, Bubur Ayam, Bubur Ikan Cah Baby Kailan, Salad Buah, dan beraneka varian minuman seperti jus jagung. Kampung Laut Restaurant Alamat: Kompleks Puri Maerokoco PRPP Semarang.

 
       
 

WISATA KULINER MALAM HARI DI KOTA SEMARANG ATAS

 
 

 
 

Jika anda yang pernah mampir ke kota Semarang, pastilah tau seluk beluk kenikmatan yang ada dikota ini. Tapi bagi anda yang awam dengan kota Semarang atau para pendatang yang mampir ke kota ini, ingin tau sedikit tentang kota ini, saya akan memberi info yang menarik yang ada di kota ini. “Mari disimak.” Selain kota Semarang yang dikenal sebagai kota atlas atau lunpianya, kota ini juga memiliki salah satu keindahan lain. Contohnya saja keindahan lewat panorama alamnya. Ya, itulah yang bisa disebutkan untuk kota Semarang ini. Kota Semarang bisa dibilang memiliki daerah yang membaginya. Yakni, daerah dataran atas dan dataran bawahnya. Di daerah dataran tinggi ini lah anda bisa langsung menikmatin keindahan dataran rendah yang dimiliki kota Semarang tersebut. Gombel nama daerah tersebut. Nah, disinilah panorama alam itu bisa anda nikmati dengan sepuasnya yang anda inginkan. Tidak ada pemungutan biaya sepeser pun untuk menikmatin keindahan tersebut. Dengan kantong kosong pun anda bisa merasakannya, alias free. Boleh siang hari ataupun malam hari. Terserah waktu anda yang pas menempatkan momen tersebut. Tapi, alangkah bagusnya lagi jika anda menikmatin momen tersebut di malam hari. Karena di malam hari itulah suasana yang pas banget dan di gemari sekali bagi banyak orang, khususnya masyarakat kota Semarang. Dengan melihat langsung kerlap kerlip kota Semarang bawah yang indah dan dengan sejuknya angin dimalam hari. Apalagi bagi anda yang gemar dalam hunting foto, disanalah tempat yang pas untuk mengabadikan momen anda. Jika anda ingin melihat secara puas keindahan tersebut atau dengan tanpa biaya sepeserpun seperti yang di katakan diatas, anda bisa melihat keindahan tersebut di pelataran semacam taman kecil disana, tapi gak seperti taman sih, namanya juga free.hehee,,. Tapi jika anda ingin melihatnya dengan kantong yang pas buat anda, anda juga bisa merasakannya dengan duduk disebuah café terbuka yang kecil disana. Walaupun kecil dan terbuka, tapi tempatnya sangat strategis untuk anda melihat langsung keindahan alam yang dimiliki oleh kota Semarang ini. Apalagi bagi anda yang lagi kasmaran, woww,,pasti sangat mendukung sikon yang ada disana. Menu-menu yang disediakan juga tak kalah menariknya seperti café-café berkelas kok.

 
       
 

WISATA ALAM UMBUL SIDOMUKTI UNGARAN KAB. SEMARANG

 
 

 
 

Kolam di Umbul Sidomukti tergolong unik. Ia terletak di lereng Gunung Ungaran, persis di tepi jurang dan lembah Ungup-ungup. Jadinya kita seakan berada di puncak ketinggian atau kahyangan kalau berenang atau sekadar berendam di sana. Dan air umbul yang mengalir sepanjang tahun itulah sumber air utama untuk taman renang alam Umbul Sidomukti. Limpahan air tersebut meluber ke kolam di bawahnya, selanjutnya menuju kebun dan sawah-sawah. kesegaran mata air tersebut seolah mampu membasuh jiwa yang sedang penat. Sidomukti merupakan wisata dengan konsep REAL atau Recreation (hiburan), Education (pendidikan), Adventure (petualangan), dan Leisure (pengisian waktu senggang). Di lahan PT PAS seluas 36 hektare tersebut, kini juga digunakan untuk outbound dan bumi perkemahan modern. Ada pula sekitar 400 hektare lahan Perhutani yang layak untuk wisata hutan.

 
       
 

WISATA KULINER OLEH-OLEH KHAS SEMARANG

 
  BANDENG PRESTO SEMARANG  
 

 
 

Bila Anda kebetulan bepergian ke Semarang dan ingin merasakan bandeng presto dari daerah asalnya, silakan mampir di salah satu toko yang berderet di sepanjang Jalan Pandanaran atau Mataram, Semarang. Di sana tersedia bandeng presto, baik yang berasal dari Juwana, maupun Semarang. Biasanya, bandeng presto paling cocok kalau disantap dengan sambal terasi. Anda pun bisa menjadikan bandeng presto sebagai buah tangan. Tapi, pastikan dulu kepada pemilik toko, berapa lama makanan itu bisa disimpan. Karena, semakin lama disimpan, kegurihannya semakin berkurang. Cukup menarik bukan? jika Anda tertarik, silahkan memasukkan alternative tempat kuliner Bandeng Presto dalam agenda liburan anda. Apalagi sudah lama tersedia penerbangan dari Jakarta ke Semarang sebanyak 56 kali dalam seminggu dengan menggunakan Garuda Indonesia.

 
  LUNPIA SEMARANG  
 

 
 

Bila anda ditanya apakah makanan khas dari Semarang, mungkin di benak anda akan muncul kata “Lunpia” atau “Lumpia” diantara beberapa makanan lain yang terkenal di Semarang karena Lunpia sudah identik dengan Semarang. Itulah salah satu citra yang tergambar di benak setiap orang bila mendengar kata Semarang. “Lunpia” dan “Semarang” adalah dua buah kata yang sudah saling menyatu dan tidak bisa dipisahkan, mirip Romeo Juliet, Sam Pek Eng Tay, Laila Majnun serta Lois and Clark.

 
  WINGKO BABAT SEMARANG  
 

 
 

Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang. Ini menyebabkan banyak orang yang mengira bahwa wingko juga berasal dari kota ini. Meskipun demikian, wingko babat sebenarnya berasal dari Babat. Ini adalah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat terletak di dekat Bojonegoro, Jawa Timur yang terkenal akan kayunya dan karena baru saja ditemukan sumber minyak di daerah ini. Wingko biasanya berbentuk bundar serta biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil. Wingko dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat. Harga kue ini dapat bervariasi tergantung tempat menjualnya dan merek wingko ini.

 

KUNJUNGAN

  free counters Free counters!  

Selasa, 14 Februari 2012

Created by Gatot Widodo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar